|
foto by : www.freepik.com |
PERKEMBANGAN teknologi komunikasi yang kian pesat ternyata tak hanya memudahkan komunikasi lewat ponsel. Sebab bagi dunia bisnis, perkembangan teknologi ini mempunyai andil besar untuk memperluas pasar secara global secara lebih efektif dan efisien.
Terlebih, ketika ini pasar yang digarap tak lagi terbatas pasar 'lokal' dalam negeri saja. Sebab sesungguhnya, pasar dunia yang lebih luas sedang menanti untuk mengatakan profit yang jauh lebih besar bagi perusahaan.
Itu artinya, perusahaan yang masih berkutat dalam pasar lokal saja, pada alhasil hanya akan menjadi jago kandang. Atau lebih parah lagi, justru menjadi penonton di negeri sendiri alasannya yakni pasar lokal yang ada justru digarap perusahaan asing.
Sebelum hal itu terjadi, sudah saatnya perusahaan lebih meningkatkan kecermatan dan kejelian dalam menangkap peluang. Termasuk lebih jeli menentukan solusi komunikasi yang sempurna demi meningkatkan kompetitif bisnis.
Sebab, dalam pengembangan sebuah bisnis yang diharapkan bukan cuma SDM handal tapi juga jalinan komunikasi yang baik, efektif dan efisien. Baik antar karyawan atau relasi. Berbekal komunikasi efektif, diharapkan bisnis berjalan lebih lancar dan tentu saja irit biaya dan waktu.
Menjawab tantangan dunia bisnis yang butuh komunikasi efisien dan efektif tersebut, tak salah bila 11.000 perusahaan mempercayakan solusi komunikasi bisnis mereka pada Telkomsel. Sebab, selain menyiapkan aneka layanan sesuai kebutuhan perusahaan, Telkomsel juga mengatakan teknologi terkini serta jaringan berkualitas.
Tidak sebatas derma jaringan di dalam negeri lewat 22 ribu BTS (base transceiver station) dengan coverage 95 persen populasi di Indonesia, pelanggan pun sanggup dengan nyaman berkomunikasi ketika berada di luar negeri.
Itu karena, operator selular dengan 52 juta pelanggan ini telah berhubungan dengan 288 kawan operator international roaming di seluruh dunia. Artinya, pengembangan bisnis tak hanya sanggup dilakukan dengan menggarap pasar dalam negeri saja tapi juga populer diseluruh dunia kan?
Terlebih, ketika ini Telkomsel juga telah melengkapi layanannya dengan teknologi 3G. Berbasis teknologi ini, perusahaan sanggup leluasa menggelar video conference dengan 9 orang sekaligus. Dengan begitu, pimpinan super sibuk dengan mobilitas tinggi tetap sanggup berperan dalam sanksi transaksi hanya lewat ponsel. Tak hanya irit biaya tapi juga irit waktu.
Bukan itu saha, kecanggihan teknologi ini juga memungkinkan pengawasan kegiatan bisnis lewat video pribadi dari ponsel. Artinya, pimpinan tak perlu repot-repot tiba ke kantor cabang hanya untuk mengawasi anak buahnya kan?
Selanjutnya, demi memuaskan pelanggan korporat, Telkomsel menyiapkan secara khusus Tim Corporate Account Management di aneka macam wilayah Indonesia. Pastinya untuk mengatakan pelayanan bagi pelanggan korporat layaknya konsultan pribadi.
Begitu pula customer care on line khusus korporat yang sanggup diakses melalui nomor 128. Layanan ini sanggup diakses 24 jam GRATIS pribadi dari ponsel pelanggan.
Selanjutnya, bicara soal teknologi pendukung, Telkomsel mengimplementasikan bermacam-macam teknologi. Sebut saja CSD (Circuit Switched Data) atau 2G, GPRS (Global Packet Radio Service) atau 2,5 G, EDGE (Enhanced Data rate GSM Evolution) atau 2 3/4G. Ada juga 3G atau WCDMA (Wideband Code Division Multiple Access) serta 3,5 G berbasis HSDPA (High Speed Downlink Packet Access).
Tingginya kualitas teknologi pendukung, luasnya daya jangkau serta pelayanan yang memuaskan pastinya sanggup menjadi pertimbangan awal sebelum menentukan solusi komunikasi paling sempurna dan sesuai kebutuhan. (*)
Tinggal Pilih Sesuai Kebutuhan BICARA soal layanan yang disiapkan bagi pelanggan korporat, layanan corporate business Telkomsel mengatakan aneka penemuan teknologi yang sanggup menjadi solusi sebuah perusahaan sesuai kebutuhan dan bidang perjuangan yang digeluti.
Sebut saja layanan business mobility, wireless connectivity, serta business leveraging. Tak hanya sanggup dipadukan menjadi satu kesatuan sebagai sebuah solusi komunikasi bisnis, ketiganya sanggup dipilih sesuai kebutuhan perusahaan bersangkutan.
Bagi Anda yang punya mobilitas tinggi misalnya, niscaya butuh teknologi yang mendukung efisiensi dan efektivitas kinerja. Sehingga tak salah bila push email atau saluran e-mail di manapun, kapan pun lewat Blackberry, Ventus dan direct push menjadi kebutuhan penting.
Terlebih, layanan blackberry Telkomsel sekarang hadir dengan sistem pra bayar dan self provisioning atau aktivasi lewat SMS. Yakni cukup ketik BB
REG, kirim ke 333. Jadi, baik pengguna Simpati maupun Kartu AS yang notabene kartu prabayar, sanggup memanfaatkan layanan ini untuk mendapatkan email yang sanggup diakses dari 10 account berbeda secara sekaligus.
Mobilitas tinggi juga bukan lagi penghalang untuk sanggup terus berkoordinasi dengan tim penjual ataupun administrasi perusahaan secara real time. Sebab, berbekal Sales Force Automation dan Intranet Application Access, komunikasi sanggup terjalin maksimal meski lewat ponsel.
Kemudahan lain yang ditawarkan bagi Anda dengan mobilitas tinggi yakni layanan wireless connectivity. Koneksi yang berbasis teknologi wireless ini mengatakan aneka macam layanan pilihan. Sebut saja ATM over GPRS, EDC over GPRS, Mobile Tracking, serta Telemetry Application.
Selain ATM over GPRS yang memungkinkan koneksi ATM lewat jaringan data, Telkomsel juga menghadirkan EDC over GPRS. Berbekal layanan yang menghubungkan mesin EDC dengan host server lewat GPRS Telkomsel ini, perusahaan lebih gampang menghadirkan mesin gesek di mana saja termasuk di kawasan terpencil. Sehingga, transaksi bermodalkan 'uang plastik' alias kartu kredit atau debet tetap sanggup dilakukan meski di tempat yang jauh dari sentra bisnis.
Selanjutnya, bagi perusahaan yang punya banyak cabang khususnya di kawasan pulau, tak perlu risau terkait koneksi data antara kantor sentra dengan cabang. Sebab, small & remote office connectivity akan memudahkan koneksi antar kantor cabang lewat jaringan data Telkomsel.
Sementara, untuk memantau aset bergerak serta data khususnya dari daerah, perusahan sanggup mengandalkan mobile tracking yang mempunyai kegunaan memantau aset bergerak layaknya kendaraan beroda empat perusahaan darimana saja dan kapan saja. Dilengkapi telemetry application, perusahaan sanggup aktif mengawasi data di seluruh kawasan secara akurat.
Kebutuhan akan pencitraan atau penanaman image perusahaan juga sanggup dipenuhi lewat ponsel yakni lewat layanan business leveraging Telkomsel. Baik berupa SMS broadcast yang berisi isu terbaru perusahaan atau nada sambung pribadi (NSP) 1212 berisi jingle perusahaan.
Layanan business leveraging ini juga menyiapkan mobile VPN atau layanan virtual PBX untuk menunjang mobilitas karyawan, Fixed Wireless Connectivity atau komplemen fixed line dengan SIM card kartuHALO. Ada juga layanan prepaid top up atau isi ulang simpati dan AS otomatis lewat kartuHALO.
Tak berhenti pada penyiapan solusi komunikasi sebagai pendukung kelancaran bisnis, operator selular yang berusia 13 tahun ini juga menciptakan terobosan gres berupa mobile wallet dalam kemasan Telkomsel Cash (T-Cash).
Melalui teknologi ini, pelanggan sanggup melaksanakan pembelian barang, cek saldo, cek transaksi yang pernah dilakukan, pembayaran jasa, dan sebagainya. Artinya, berbekal layanan ini pelanggan sanggup 'menyulap' ponsel layaknya dompet penyimpan uang.
Selain memudahkan transaksi pelanggan, layanan mobile wallet ini sekaligus menandai sejajarnya Indonesia dengan negara maju yang telah lebih dulu menerapkan layanan ini. Sebut saja, Jepang, Korea Selatan, Hongkong, Malaysia, Philipine, dan Afrika Selatan.
Sementara dari sisi ekonomi, kehadiran layanan T-Cash ini diharapkan sanggup melengkapi ragam instrumen pembayaran non tunai yang ada di Indonesia ketika ini. Sebut saja kartu ATM, kartu debet, kartu kredit, cek dan sebagainya.
Untuk mendaftar layanan ini sanggup dilakukan melalui SMS. Yakni ketik REG T-Cash Nama#Tanggal Lahir dan kirim ke 2828. Dan untuk mengisi dompet T-Cash sanggup dilakukan lewat setoran di merchant-merchant yang tersebar di seluruh Indonesia. Kedepannya, setoran sanggup dilakukan lewat transfer atau top up dari rekening pelanggan melalui layanan mobile banking atau Bank.
Selanjutnya, untuk bertransaksi pelanggan cukup SMS ke 2828. Beberapa transaksi yang sanggup dilakukan di antaranya, Top Up Pulsa (ketik Pulsa), pembayaran tagihan kartuHALO (ketik Pay ) dan sebagainya. Sedangkan untuk mengecek saldo tinggal kirim SMS ke 2828 ketik SAL atau *885*# pribadi dari ponsel. Gampang banget kan?(*)